Bagaimana sih cara pemesanan tiket pesawat online? Pada dasarnya ada beberapa langkah yang harus Anda ikuti ketika melakukan pemesanan tiket pesawat secara online. Langkah-langkah tersebut dapat dilakukan dengan mudah bahkan oleh seorang pemula sekali pun. Namun tentunya hal tersebut tidak sama dengan sistem pemesanan tiket yang dilakukan secara offline. Untuk itu, bagi Anda yang belum mengetahui bagaimana caranya? Simaklah uraian berikut ini dan pastikan untuk mengikuti setiap langkah yang dilaluinya.

1. Pencarian referensi 

Saat ini ada banyak layanan jasa yang menyediakan tiket pesawat untuk kebutuhan penerbangan Anda. Namun dari sekian banyak layanan tersebut tentunya hanya beberapa saja yang dikenal dengan layanan serta penawaran harga terbaik dan sesuai dengan apa yang Anda inginkan. Untuk itu, pastikanlah Anda melakukan pencarian referensi terlebih dahulu. Pencarian referensi dapat dilakukan secara online atau bahkan offline, seperti halnya dengan bertanya pada teman, keluarga atau bahkan kerabat yang tentunya pernah menggunakan layanan pemesanan tiket online.

Dwidayatour adalah salah satu referensi dari layanan pemesanan tiket yang penulis anjurkan. Selain dapat membantu Anda dalam melakukan pemesanan tiket dengan mudah, layanan ini juga menyediakan penawaran menarik dari segi harga tiket juga layanan yang dimilikinya. Karena itulah bagi Anda yang pemula tentunya akan sangat tepat apabila menggunakan layanan yang satu ini.

2. Memasuki halaman utama website 

cara pemesanan tiket pesawat online

Langkah selanjutnya yang dapat Anda lakukan dalam proses pemesanan tiket pesawat adalah memasuki halaman website resmi dari layanan yang akan Anda gunakan. Dalam hal ini ketika Anda berniat untuk menggunakan layanan Dwidayatour maka pastikan untuk memasuki halaman website resmi yang dimilikinya. Dengan memasuki halaman utama dari website tersebut, tentunya Anda pun akan memahami bagaimana cara pemesanan selanjutnya yang harus Anda lakukan.

3. Melakukan registrasi atau log in

cara pemesanan tiket pesawat online

Untuk bagian yang satu ini memang tidak ditampilkan pada semua jenis website dari layanan pemesanan tiket online. Meski demikian, ada di antaranya beberapa website yang menerapkan sistem register atau log in terlebih dahulu sebelum menggunakan layanan jasa yang dimilikinya. Hal ini tidak lepas dari keberadaan layanan member atau keanggotaan yang dimiliki layanan jasa tersebut.

Untuk menu registrasi atau log in itu sendiri ada baiknya jika Anda isi terlebih dahulu sebelum kemudian melakukan pemesanan tiket pesawat secara online. Pasalnya dengan melakukan pemesanan tiket setelah registrasi atau log in maka proses selanjutnya pun dapat dilakukan dengan lebih mudah. Hal ini juga berkaitan dengan pengisian kontak pemesanan yang tentunya tidak perlu Anda isi kembali. Karena pada saat melakukan registrasi atau login umumnya kontak Anda pun telah diminta untuk diisi.

4. Memasuki halaman pencarian

Tahap selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah memasuki halaman pencarian. Pada bagian yang satu ini, pastikan untuk mengisi kolom pencarian dengan benar dan lebih teliti. Seperti halnya pada kolom lokasi tujuan Anda. Pasalnya ketika Anda melakukan pengisian lokasi yang dituju dengan salah maka pemesanan tiket yang dilakukan pun akan salah pula. Untuk itu, pastikan untuk mengisi kolom tersebut dengan benar.

Beberapa kolom yang harus Anda isi pada halaman pencarian ini di antaranya adalah pilihan dari bandara serta kota asal, kemudian bandara serta kota yang dituju, waktu atau tanggal keberangkatan, pilihan dari bentuk perjalanan seperti halnya one way trip atau round trip, dan bagian paling akhir adalah jumlah penumpang atau jumlah pemesanan dari tiket pesawat yang akan digunakan.

5. Menentukan maskapai penerbangan 

cara pemesanan tiket pesawat online

Cara pemesanan tiket online lainnya yang juga harus Anda lakukan setelah beberapa tahapan langkah di bagian atas tadi adalah pemilihan dari maskapai penerbangan yang akan Anda gunakan. Untuk bagian yang satu ini umumnya akan muncul setelah halaman pencarian Anda isi dan kemudian menghasilkan berupa beberapa pilihan dari maskapai penerbangan yang memiliki jadwal penerbangan yang cocok dengan apa yang Anda butuhkan. Dengan kata lain, setiap maskapai yang memiliki jadwal penerbangan serta rute yang sesuai dengan perjalanan yang Anda inginkan akan tampil dan tentunya tinggal Anda pilih dan sesuaikan dengan apa yang Anda butuh juga inginkan.

Dalam hal ini Anda dapat menggunakan fitur sortir atau bahkan filter untuk mendapatkan maskapai yang lebih sesuai dan spesifik dengan apa yang Anda inginkan. Seperti halnya melakukan sortir untuk mengetahui maskapai yang menyediakan harga tiket terendah hingga tertinggi. Kemudian melihat waktu serta jumlah transit yang dilakukan oleh setiap maskapai penerbangan, juga melihat waktu keberangkatan serta waktu sampai di bandara yang dituju. Hal tersebut dapat Anda lihat dari nama maskapai yang ditawarkan secara berurutan. Dengan demikian, pemilihan maskapai pun dapat dilakukan dengan lebih mudah.

6. Pengisian data penumpang serta pemesan tiket

Untuk pengisian data yang satu ini akan berhubungan dengan langkah atau tahapan register serta log in di bagian atas tadi. Dengan kata lain, ketika Anda melakukan pemesanan tiket dalam posisi log in, maka untuk bagian contact details pun tidak perlu Anda isi kembali. Karena pada bagian tersebut tentunya akan terisi secara otomatis. Tidak hanya itu saja, pada bagian passenger details pun tentunya Anda tidak perlu mengisi data kembali. Dengan kata lain Anda hanya perlu mencentang setiap bagian dari identitas penumpang dengan data yang telah dimasukkan sebelumnya. Hal ini tentunya berlaku apabila data penumpang dan data yang telah tersedia berada dalam posisi yang sama.

7. Melakukan review dari proses pemesanan tiket pesawat 

Apabila data pemesan serta data penumpang dari tiket pesawat yang hendak Anda pesan telah terisi dengan benar, maka bagian selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah review dari cara pemesanan tiket pesawat itu tadi. Review sendiri dilakukan sebagai bentuk atau langkah pengecekan kembali dari proses pemesanan tiket yang dilakukan. Hal ini jelas bertujuan untuk menghindari kesalahan yang mungkin terjadi dan dilakukan oleh Anda selaku pihak pemesan. Karena itulah ketika melakukan review pastikan untuk mengecek kembali identitas yang telah dimasukkan hingga data pemesan tiket yang juga telah Anda masukkan sebelumnya. Apabila semua yang telah disubmit sesuai, maka Anda pun tinggal memasuki bagian selanjutnya.

8. Proses pembayaran 

Apabila proses review telah dilakukan dengan tepat dan benar, maka bagian selanjutnya yang harus Anda perhatikan adalah melihat sistem pembayaran yang ditawarkan oleh layanan jasa dari pemesanan tiket tersebut. Dalam hal ini, setiap layanan jasa umumnya menyediakan beberapa metode pembayaran tiket yang berbeda antara satu dengan lainnya. Seperti halnya metode pembayaran melalui mobile atau bahkan internet banking, melalui transfer atm atau bahkan penggunaan kartu kredit.

Selain memperhatikan sistem atau metode pembayaran yang cukup beragam tersebut. Anda juga wajib melakukan pembayaran pada waktu yang telah ditentukan. Dalam hal ini pastikan untuk tidak melakukan pembayaran melebihi batas waktu yang disediakan. Pasalnya jika hal tersebut Anda lakukan, bukan tidak mungkin pemesanan tiket pesawat yang telah dilakukan pun akan dibatalkan oleh pihak layanan jasa atau bahkan maskapai yang Anda pilih untuk digunakan itu tadi.

9. Konfirmasi pembayaran 

Apabila pembayaran telah Anda lakukan, maka hal selanjutnya yang dapat Anda lakukan adalah mengkonfirmasi pembayaran yang telah dilakukan itu tadi. Konfirmasi tersebut tentunya dapat dilakukan dengan mengklik tombol konfirmasi pembayaran yang telah tersedia. Dengan melakukan hal yang satu ini, maka pembayaran dari pemesanan tiket pesawat yang Anda lakukan pun tentunya akan diverifikasi dengan mudah, sehingga Anda tidak perlu khawatir dengan tiket pesawat yang telah Anda pesan itu tadi.

10. Penerbitan E-Tiket

cara pemesanan tiket pesawat online

Apabila pembayaran dari tiket pesawat yang dipesan telah diverifikasi oleh pihak layanan jasa juga maskapai yang Anda gunakan, maka langkah selanjutnya Anda pun tinggal menunggu waktu penerbitan dari e-tiket yang Anda miliki. Untuk penerbitan e-tiket umumnya akan masuk pada alamat email yang Anda gunakan sebagai akun ketika melakukan registrasi atau bahkan log in di bagian atas tadi. Dengan e-tiket tersebut, Anda tidak perlu melakukan cetak tiket karena pada dasarnya tiket tersebut dapat Anda gunakan secara langsung dengan mudah.

Dengan mengikuti 10 tahapan tepat dari cara pemesanan tiket pesawat secara online di bagian atas tadi, tentunya Anda pun bisa mendapatkan tiket sesuai dengan kebutuhan perjalanan Anda. Namun bagi Anda yang ingin mendapatkan tiket dengan harga murah dan melakukan pemesanan tiket secara online dengan lebih cepat, pastikanlah untuk mengikuti tips di bagian bawah ini:

Tips memesan tiket pesawat secara online dengan mudah dan murah

1. Lakukan pemesanan pada saat low season

cara pemesanan tiket pesawat online
Ilustrasi Low Season. Photo by Alex Kotliarskyi on Unsplash

Jika Anda ingin mendapatkan tiket pesawat dengan harga yang lebih murah, maka pastikan anda pesan tiket pesawat di saat low season seperti halnya pada saat hari kerja dan tentunya bukan hanya proses pemesanannya saja tetapi jadwal keberangkatannya pun dilakukan pada saat hari kerja. Dengan kata lain hindari jadwal keberangkatan pada saat high season seperti halnya ketika memasuki musim liburan. Karena harga tiket pada saat tersebut tentunya jauh lebih mahal dibandingkan dengan harga tiket pada masa lainnya.

2. Memanfaatkan keanggotaan Anda 

Beberapa layanan jasa penyedia tiket umumnya akan memberikan penawaran dari harga tiket yang jauh lebih menarik bagi para pelanggan yang menjadi anggota pada layanan jasa yang dimilikinya. Penawaran menarik tersebut berkaitan dengan kegiatan promo yang dilakukannya, seperti halnya dilakukan dengan pemberian potongan harga tiket atau bahkan pemberian point dan lainnya.

3. Memastikan jaringan tetap stabil saat melakukan pemesanan 

Tips terakhir yang tidak kalah penting untuk Anda lakukan ketika memesan tiket pesawat secara online adalah memastikan agar setiap jaringan internet yang digunakan selalu berada dalam kondisi stabil. Pasalnya jika kondisi internet yang Anda gunakan tidak baik, maka bukan tidak mungkin pemesanan tiket pesawat akan terganggu, baik itu pemesanan yang lebih sulit untuk dilakukan atau bahkan terjadinya kesalahan pada sistem pemesanan tiket yang justru dilakukan secara berulang kali. Selain cukup merugikan Anda selaku pemesan, hal ini juga dapat menghilangkan kesempatan Anda untuk mendapatkan tiket pesawat promo dan berbagai macam bentuk kesempatan lainnya.

Dari penjelasan di bagian atas tadi, tentunya proses pemesanan tiket pesawat dengan mudah dapat Anda ikuti dengan lebih tepat. Tidak hanya itu saja, beberapa tips di bagian bawahnya pun akan membantu Anda untuk mendapatkan harga tiket pesawat dengan lebih hemat.

Sumber Artikel Harga Jasa SEO

2 1 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments