Sebelum kita membahas banyaknya wisata yang hits di Klaten maka kita harus mengenal terlebih dahulu, Klaten merupakan salah satu kabupaten di Jawa Tengah yang berbatasan langsung dengan Daerah Istimewa Yogyakarta. Meskipun tidak memiliki pantai karena terletak di bagian tengah pulau jawa, namun klaten memiliki berbagai macam destinasi wisata dengan ciri khasnya sendiri. Akan tetapi masih banyak orang yang bahkan belum mengetahui bagaimana keindahan dari pesona dan panorama di kabupaten ini.

Tak hanya keindahan wisata alamnya yang memikat, tetapi berbagai pilihan destinasi wisata lain seperti wisata buatan yang penuh dengan spot-spot menarik bagi kaum milenial, wisata budaya dan sejarah, serta wisata kulinernya yang tidak kalah seru untuk dinikmati Berikut Beberapa tempat wisata di Klaten.

Rekomendasi Wisata di Klaten Untuk Kamu Versi Dwidayatour

wisata di klaten

Sumber : PopMama.com

Sangat Menakjubkan! Wisata Alam di Klaten

Wisata alam merupakan obyek pariwisata yang berasal dari potensi sumber daya alam dan secara alami ataupun telah dikelola melalui budidaya untuk dinikmati keindahannya. Di kabupaten klaten sendiri terdapat beberapa obyek wisata alam yang menarik, diantaranya:

  1. Riverboarding Kali Pusur

Bagi anda para pecinta olah raga air akan sangat menyenangkan jika berkunjung ke salah satu destinasi wisata di Klaten yaitu Riverboarding Kali Pusur.

Anda bisa menantang adrenalin dengan arus dari sungai ini melalui wahana River Boarding yang tentunya selama anda bermain akan didampingi oleh dua operator.

Akan tetapi di sungai ini arusnya berbeda-beda, kadang pelan, jeram, dan deras.

  1. Umbul Ponggok

Umbul Ponggok merupakan salah satu destinasi wisata yang paling populer di Klaten. Keindahan panorama dan ekosistem dalam airnya sangat mempesona para wisatawan yang berkunjung. Tidak mengherankan jika Umbul Ponggok menjadi salah satu spot snorkeling yang paling direkomendasikan di pulau Jawa.

Selain keindahan alamnya yang memikat, pengalaman menyelam di Umbul Ponggok ini akan semakin berkesan dengan berbagai properti tambahan seperti TV dan sepeda yang disiapkan di bawah air sebagai spot-spot foto yang unik.

Hal itulah yang menjadikan Umbul Ponggok sebagai salah satu tempat hits di Klaten.

  1. Air Lepen Kencana Klaten

Destinasi wisata ini sangat cocok dinikmati oleh anak-anak. Selain itu, obyek wisata air di Klaten ini, menjadi salah satu obyek yang cocok dikunjungi oleh keluarga untuk menghabiskan waktu bersama.

  1. Deles Indah

Ingin menikmati pemandangan asri yang masih sangat terjaga? Deles Indah adalah pilihan yang tepat. Di tempat ini wisatawan akan dimanjakan dengan indahnya panorama gunung merapi ketika dilihat dari bawah sambil menikmati kesejukan udara disana.

  1. Gua Suran

Gua Suran merupakan salah satu destinasi wisata alam yang banyak diminati wisatawan. Disini wisatawan dapat menikmati keindahan gua yang tiada duanya secara langsung.

Ragam Wisata Alam Buatan di Klaten

Wisata buatan merupakan obyek pariwisata yang terbentuk melalui aktivitas manusia atau sengaja dibentuk oleh kekreatifan tangan manusia.

  1. Rowo Jombor

Rowo Jombor merupakan kawasan waduk buatan yang berusia ratusan tahun. Dahulu kawasan ini digunakan sebagai saluran irigasi yang hingga saat ini menjadi salah satu obyek wisata di Klaten. Tiket masuk ke area ini terbilang murah.

Di tempat wisata ini pengunjung dapat mengelilingi danau buatan menggunakan perahu, memancing, dan menikmati kulinernya.

  1. Pemandian Lumban Tirto

Wisata Pemandian Lumban Tirto merupakan salah satu kolam renang di Klaten yang memiliki pemandangan panorama dengan keindahan yang sangat memanjakan mata.

Disebelah barat lautnya terdapat Umbul Ingas yang menjadi sumber air dan digunakan untuk minum di Keraton Surakarta Hadiningrat atas prakarsa Pakubuwono X hingga sekarang.

  1. Taman Lampion

Taman lampion merupakan salah satu tempat yang banyak diminati oleh anak-anak muda dan keluarga untuk menghabiskan waktu luang mereka baik siang ataupun malam hari. Taman ini merupakan salah satu ikon dari kabupaten klaten sendiri.

Waktu terbaik untuk menghabiskan waktu di taman ini adalah di pagi hari, sore hari, hingga malam hari karena pada malam hari akan banyak lampu warna-warni yang menyala dan menambah keindahan taman.

Baca Juga : 3 Festival Musim Dingin di Jepang

  1. Galuh Tirtonirmolo

Galuh Tirto Nirmolo menjadi salah satu tempat wisata di Klaten yang tidak boleh untuk dilewatkan. Obyek wisata ini banyak menyediakan wahana-wahana permainan yang beraneka ragam seperti kolam anak-anak, kolam arus, kolam seluncur anak, kolam kuda laut, kolam mandi bola, kolam renang seluncur, kolam renang dewasa, kolam renang songsong gora, dan kolam renang laba-laba.

Selain kolam-kolam tersebut, terdapat wahana lain yaitu komedi putar, kereta wisata, mobil elektrik, animal elektrik, kereta mini elektrik, motor ATV, boom boom car, boom boom boat, pesawat putar, jinontro ginggong/ bianglala, jungle train, becak mini, sangkar putar, perahu, arena jumping, bioskop 3D, flying fox, dan masih banyak wahana lain yang sangat memanjakan pengunjung. k heran jika Galuh Tirto Mulyo menjadi tempat wisata favorit bagi keluarga. 

  1. Museum Gula Gondang Winangoen

Museum yang terletak di wilayah pabrik gula winangoen ini menjadi salah satu tempat wisata di Klaten yang memiliki daya tarik tersendiri.

Di museum ini pengunjung dapat melihat berbagai peralatan pabrik gula tempo dulu, replica alat-alat pembuatan gula, alat-alat komunikasi lama, diorama pabrik gula dan perkebunan tebu, serta lokomotif kereta tebu.

Di sekitar museum juga terdapat arena bermain dan kafe serta perpustakaan gula.

  1. Makam Sunan Pandanaran

Sunan Pandanaran Bayat memiliki beberapa nama yaitu Sunan Bayat, Pangeran Mangkubumi, atau Wahyu Hidayat merupakan salah satu tokoh penyebar agama Islam di tanah Jawa meskipun beliau tidak termasuk dalam jajaran Wali Songo. Kini makan dari Sunan Pandanaran telah menjadi salah satu obyek wisata yang bersejarah di Klaten.

  1. Hutan Kota Gergunung

Salah satu tempat wisata di Klaten ini adalah Hutan Kota Bergunung. Hutan Kota Bergunung merupakan kumpulan rumah burung-burung warna-warni yang berjejer rapih dan mempesona. Waktu yang tepat untuk menikmati keindahannya adalah di sore hari saat golden hour. Wisata ini terletak di Klaten Utara.

Serunya Wisata Budaya & Sejarah di Klaten

Wisata budaya dan sejarah merupakan obyek wisata yang terbentuk atas peninggalan-peningglan bersejarah.

  1. Candi Prambanan

Candi prambanan merupaka salah satu candi hindu yang terbesar di dunia. Candi megah ini dibangun sekitar abad ke-9 dan terus mengalami pemugaran berkali-kali untuk mencegah kerusakan lebih lanjut dan untuk mengembalikan bentuk utama candi. Bangunan inti candi ini terdapat di dua kota yang berbeda yaitu di Sleman, Yogyakarta dan di Klaten.

  1. Candi Sewu

Menjadi candi Buddha terbesar kedua di Indonesia setelah Candi Borobudur. Salah satu tempat wisata dekat Prambanan ini sangat menarik karena memiliki sekitar 249 candi dengan biaya masuk yang dapat dikatakan tidak mahal. Karena mengalami beberapa kerusakan, candi ini hanya tinggal beberapa bagian saja.

Saat-saat terbaik untuk menikmati keindahan dari candi sewu adalah di pagi hari dan sore hari karena cuaca akan terasa sangat panas di siang hari.

  1. Candi Lumbung

Tempat ini berada satu kompleks dengan taman wisata candi prambanan dan menjadi salah satu obyek wisata bersejarah yang menarik untuk dikunjungi. Jadi kalau Kamu ke prambanan jangan lupa mampir ke candi lumbung agar liburan Kamu semakin lengkap.

  1. Candi Sojiwan

Bangunan bersejarah lain yang sangat menarik untuk dikunjungi adalah candi sojiwan yang bernuansa Buddha dengan keindahannya yang asri. Candi ini berlokasi sekitar 2km dari candi prambanan.

  1. Candi Plaosan

Candi plaosan yang kembar ini menjadi salah satu candi yang cukup unik dan menarik hati wisatawan untuk berkunjung.

Masing-masing dari bangunan candi tersebut terdapat cerita legenda yang sangat menarik, Kamu bisa sekalian belajar sejarah Indonesia langsung dengan peninggalan-peninggalan yang nyata. Jangan lupa untuk tidak merusak apapun jika Anda berkunjung ke tempat bersejarah dan juga harus menjaga kebersihan jangan sampai bangunan candi yang merupakan keajaiban dunia menjadi rusak.

Beragam Wisata Kuliner di Klaten

Ketika berkunjung ke klaten rasanya kurang pas jika tidak menikmati makanan khasnya yang menjadi ikonik kabupaten ini. Tidak hanya menawarkan kenikmatan dari kulinernya tetapi keunikannya juga. Berikut ini merupakan wisata kuliner khas yang wajib dikunjungi dan dinikmati ketika berada di klaten.

  1. Angkringan/ HIK

Angkringan atau sering disebut warung HIK merupakan warung tenda sederhana yang menyediakan nasi kucing dengan lauk pauknya dan mudah sekali dijumpai di berbagai kota-kota di Indonesia. Kenapa kita harus mencobanya di Klaten? Karena awal mula adanya angkringan dipelopori oleh Mbah Pairo, orang Cawas, Klaten yang kemudian terkenal di Yogyakarta sampai sekarang dengan sebutan angkringan Lik Man yang merupakan putranya. Hidangan ini akan sangat nikmat ketika disantap ketika masih hangat dengan tambahan lauk pauk dan sambalnya.

  1. Bakmi Miroso

Bakmi Miroso merupakan salah satu rumah makan yang dikenal legendaris oleh masyarakat, sehingga akan kurang lengkap rasanya jika tidak berkunjung ke rumah makan ini dan menikmati hidangannya ketika berada di kawasan Klaten.

Rumah makan ini menyediakan berbagai macam masakan Chinese food seperti mie ayam pangsit dan ayam koloke. Letaknya tidak jauh dari lingkungan alun-alun klaten.

  1. Kepelan

Salah satu makanan ringan yang memiliki cita rasa gurih. Kepelan merupakan kuapan khas klaten yang yang dibuat dari tepung gandum yang dibumbui dengan bawang putih, bawang merah, garam, dan merica. Dengan bentuknya yang kecil bulat memuahkan kudapan ini untuk dimakan.

Kepelan yang masih hangat akan cocok jika dimakan dengan cocolan saus. Tidak sulit untuk mencari kudapan ini di Kabupaten Klaten, seperti di sekitar alun-alun kota.

  1. Sego Tumpang Lethok

Kuliner satu ini rasanya sangat wajib di coba apabila berkunjung ke Klaten. Nasi tumpang lethok yang merupakan kuliner khas dari klaten ini akan sangat pas jika dinikmati sebagai sarapan pagi. Anda dapat menemukan kuliner ini di sepanjang Jl. Mayor Kusmanto hingga ke daerah Simpang Lima Bramen di pagi hari. Kuliner ini dilengkapi dengan semacam gudangan yang terbuat dari daun pepaya, nangka muda, bayam, daun jeruk, krecek, telur rebus, dan koyor dengan tambahan bumbu khasnya.

  1. Swike Bu Roso

Kuliner yang berbahan dasar daging kodok dengan bumbu rempah-rempah yang sangat menggiurkan ini akan cocok bagi pecinta kuliner ekstrem. Warung swike Bu Reso merupakan warung makan yang menyediakan berbagai macam olahan kodok diantaranya swike goreng tepung, swike kuah, swike nyemek, dan telur swike goreng. Warung ini terletak di belakang Plasa Matahari, tepatnya di Karangduwet Majoyan.

  1. Soto Bebek & Bebek Bacem Klaten

Kuliner soto tentunya sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Tidak hanya Kudus dan Semarang saja yang kuliner sotonya khas, klaten juga memiliki soto khas yaitu soto bebek & bebek bacem. 

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments