Pantai Di Pacitan – Jawa Timur tidak hanya terkenal dengan budaya dan makanan khasnya, namun juga terkenal dengan destinasi wisatanya, jika di Yogyakarta ada Gunung Kidul yang terkenal dengan pantainya yang melimpah maka di Jawa Timur yakni di daerah Pacitan juga terkenal dengan pantainya.

Pacitan tidak hanya terkenal dengan destinasi wisatanya yakni Goa bahkan dijuluki dengan kota 1001 Goa namun tak hanya itu, Pacitan juga terkenal akan destinasi wisata pantainya. Pantai pacitan Jawa Timur terkenal dengan keindahannya yang eksotis dan terkesan tersembunyi bahkan banyak pantai-pantai yang masih belum diketahui oleh banyak orang. Nah, apa saja pantai-pantai yang ada di daerah Pacitan ini, yuk kita bahas.

1. Pantai Klayar

Jika berkunjung ke kota Pacitan Jawa Timur, maka destinasi wisata pantai ini tak boleh dilewatkan. Pantai Klayar menjadi pantai yang populer di kalangan wisatawan, baik itu wisatawan lokal maupun mancanegara. Pantai Klayar terletak di kecamatan Donorojo, yang mana berjarak sekitar 35 km dari kota Pacitan sendiri. Untuk menuju ke Pantai Klayar hanya dapat ditempuh dengan kendaraan pribadi bahkan kondisi jalan menuju pantai masih kurang bagus. Untuk menuju ke Pantai Klayar harus melalui jalan-jalan yang cukup sempit dan kondisi jalan yang sudah rusak serta rutenya yang berkelok-kelok.

Pantai yang masih termasuk dalam jajaran pantai selatan ini terkenal dengan keindahan alamnya, karena masih termasuk dalam rangkaian pantai selatan maka tidak dapat dipungkiri bahwa memiliki kesamaan dengan pantai-pantai yang ada di Gunung Kidul seperti ombaknya yang besar, pasir pantainya yang putih bersih hingga persebaran batuan karang di sekitar pantai. Ciri khas lainnya yang membedakan dari pantai selatan di Gunungkidul adalah bentuk batuan karangnya yang memiliki kemiripan dengan bentuk sphnix. Selain itu terdapat objek-objek menarik yang dapat dijadikan kegiatan di pantai ini seperti :

Untuk menikmati semua kegiatan tersebut kita tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam, wisatawan baik itu lokal maupun mancanegara yang ingin berkunjung ke pantai ini tidak dibedakan tarifnya.

Untuk hari senin-jumat dipatok harga Rp 5.000 per orang dan hari sabtu-minggu serta hari libur di patok dengan harga Rp 10.000 per orang saja. Bahkan tarif parkir kendaraannya tergolong normal yakni Rp 2000 untuk kendaraan motor dan Rp 5000 untuk kendaraan mobil.

2. Pantai Karang Bolong

Pantai ini terletak disebelah barat Pantai Klayar, maka dari itu pantai ini menajdi pantai yang tak dapat dilewatkan jika berkunjung ke Pantai Klayar. Pantai Karang Bolong berbeda dengan ciri khas pantai lainnya, pantai ini tidak memiliki pasir putih nan bersihnya melainkan terdapat hamparan tanaman hijau mirip sabana.

Pantai ini terkenal dengan tebing karang besarnya yang tinggi dan memiliki lubang di bagian dalamnya, maka dari itu pantai ini disebut sebagai Pantai Karang Bolong. Pantai yang dikelilingi oleh tebing besar yang menjorok ini banyak digunakan sebagai spot khusus untuk rekreasi para wisatawan baik itu lokal maupun mancanegara.

Objek-objek yang terdapat di Pantai Karang Bolong ini seperti :

Ciri khas dari Pantai Karang Bolong ini ialah tebingnya yang besar dan tinggi serta terdapat lubang besar yang terdapat di bawah permukaan tebing.

Pantai Karang Bolong terkenal dengan hamparan rumput hijaunya dengan pohon-pohon menjulang yang membentang di seluruh permukaan atas tebing yang dikenal dengan sabana. Sabana ini dijadikan sebagai area untuk camping, baik itu wisatawan lokal maupun mancanegara dapat melakukan kegiatan camping di area tersebut.

Tidak hanya terkenal dengan sabananya, namun terdapat air terjun yang berasal dari mata air pada permukaan sabana yang mengalir langsung ke lautan lepas.

Untuk wisatawan yang menyukai proses terbit dan terbenamnya matahari maka dapat menikmatinya di Pantai Karang Bolong ini. Di atas permukaan tebing yakni sabana kita dapat menikmati fenomena sunrise dan sunsetnya.

Untuk menikmati semua keindahan tersebut, pengelola Pantai Karang Bolong hanya mematok harga sebesar Rp 5.000 per orang saja.

3. Pantai Pancer Door

Pantai Pancer Door terkenal dengan ombaknya yang besar dan tinggi sehingga cocok digunakan untuk kegiatan olahraga air. Pantai ini terletak di bagian teluk Pacitan yang berada di sisi paling timur yang berhadapan langsung dengan samudera hindia, dan pantai ini terletak yang paling dekat dengan pusat kota Pacitan.

Pantai yang terkenal dengan surfingnya ini telah dijadikan sebagai tempat favorit bagi para wisatawan lokal maupun mancanegara untuk melatih kemampuan bermain surfingnya. Bahkan berbagai event selancar bahkan event internasional pernah diselenggarakan di Pantai Pancer Door, event-event yang pernah digelar seperti Asian Surfing Championship  di tahun 2016 dan Pancer Door Summer Festival di tahun 2019 tepatnya pada bulan Agustus lalu. Selain kegiatan olahraga air, disediakan juga berbagai fasilitas seperti :

Di area ini wisatawan dapat menghabiskan waktunya dengan menonton hiburan yang disediakan maupun sekedar berkumpul dan bercanda tawa dengan sanak keluarga maupun teman.

Terdapat area camping yang biasa digunakan untuk kegiatan pencinta alam maupun wisatawan umum dan area tersebut juga dilengkapi fasilitas kamar mandi yang bersih.

Tersebar beberapa penginapan di sekitar pantai dengan harga yang terjangkau. Untuk beberapa homestay ada yang mematok harga di bawah Rp 100.000 per malam.

Walaupun pantai ini sudah pernah menjadi tempat terselenggaranya event-event lokal bahkan internasional namun harga tiket masuk untuk berkunjung ke Pantai Pancer Door ini masih terjangkau. Untuk tiket masuk ke pantai ini dipatok sebesar Rp 3.500 untuk hari senin-jumat, dan sebesar  Rp 5.000 untuk hari sabtu-minggu serta hari libur.

4. Pantai Watu Bale

Pantai Watu Bale terletak di Desa Jetak yang lokasinya terletak di jalur utama lintas selatan. Untuk menuju ke lokasi pantainya, kita harus berjalan kaki sekitar 100 m dari tempat parkir . Pantai ini terkenal dengan batu karang raksasanya yang dijadikan spot untuk bersantai hingga berfoto. Pantai ini dijuluki sebagai “Watu Bale” karena batu karang raksasa yang terdapat di pantai memiliki permukaan rata dan halus yang dapat dijadikan sebagai tempat pertemuan orang-orang yang mana dalam bahasa jawa di kenal dengan sebutan “Bale”.

Selain terkenal dengan batu karang raksasanya, Pantai Watu Bale juga terkenal dengan beberapa objek wisata lainnya yang digemari wisatawan seperti kumpulan pohon pandan yang tersebar di beberapa area pantai, dikelilingi perbukitan yang menambah kesan seperti berada di sebuah pulau, dan pelabuhan ikan nelayan yang terletak dekat lokasi pantai ini menambah ketertarikan wisatawan baik itu hanya sekedar untuk berfoto-foto.

Walaupun pantai ini termasuk pantai baru di Pacitan yang memiliki keindahan alamnya yang luar biasa, tiket masuk untuk berkunjung ke Pantai Watu Bale masih terjangkau yakni sebesar Rp 5.000 per orang untuk hari biasa dan hari libur.

5. Pantai Ngiroboyo

Pantai Ngiriboyo ini merupakan satu dari sekian banyak pantai yang masuk dalam jajaran pantai di Pacitan yang memiliki panorama yang eksotis dan memukau penglihatan. Pantai ini terletak di desa Sendang dan tidak terlalu jauh dengan Pantai Klayar. Pantai ini terkenal dengan adanya muara sungai yakni muara sungai Maron dan pasir pantainya yang berwarna hitam.

Terdapat beberapa objek wisata yang dapat dijadikan kegiatan bagi para wisatawan seperti :

Ciri khas dari Pantai Ngiroboyo adalah terdapat muara sungai Maron, bahkan telah diadakan event-event olahraga air seperti lomba dayung di sungai tersebut tiap tahunnya. Selain itu, disediakan penyewaan kapal-kapal besar dan kecil untuk digunakan menyusuri Sungai Maron. Kegiatan yang lainnya ialah river tubing, yakni menyusuri Sungai Maron dengan menggunakan ban-ban besar di area hulu sungai.

Jika suka berkemah dan pencinta alam maka pengalaman bermalam di area pantai menjadi hal yang patut tak dilupakan serta menimbulkan sensasi tersendiri bagi sebagian orang.

6. Pantai Kasap

Jika belum pernah berkunjung ke pantai terindah di Indonesia Raja Ampat, maka kunjungilah Pantai Kasap karena pantai ini terkenal dengan sebutannya sebagai Raja Ampatnya Pacitan. Lokasi pantai ini terletak di desa Watukarung dan berjarak sekitar 26 km dari pusat kota Pacitan.

Pantai Kasap ini memiliki pemandangan yang mirip dengan Pantai Raja Ampat. Ciri khas dari pantai ini adalah persebaran batuan karangnya, ombak besarnya, dan pasir putih nan bersihnya.

Untuk merasakan pemandangan seakan-akan berada di Pantai Raja Ampat, kita dapat menaiki bukit di sebelah Pantai Kasap ini. Pemandangan yang disuguhkan dari atas bukit iniakan terasa seperti berada di Pantai Raja Ampat. Harga tiket masuknyapun masih cukup terjangkau yakni sebesar Rp 5.000 per orang saja.

7. Pantai Taman

Pantai ini terletak di desa Hardiwarno dan untuk menuju ke lokasi pantai akses jalannya sudah bagus dan dapat dialalui kendaraan pribadi mobil maupun motor. Pantai Taman ini terkenal dengan Flying Fox-nya dan Konservasi Penangkaran Penyu. Kegiatan Flying Fox menjadi aktivitas ekstrim yang dicoba banyak orang di Pantai Taman. Jalur flying fox-nya tidak main-main yakni panjang jalur flying foxnya mencapai 415 m diukur dari titik awalnya dengan ketinggian 74 m dan memakan waktu selama 30 detik saja, wow kecepatan meluncurnya berarti sangat cepat yaitu sekitar 50 km.

Selain wahana ekstrem yang cocok bagi penyuka tantangan, pantai ini juga menyediakan tempat penangkaran penyu. Pantai Taman di pilih menjadi tempat konservasi penyu karena kawasan pesisir pantai ini sering digunakan untuk bertelur, sehingga untuk menghindari ancaman dan bahaya dari luar maka dibuatkanlah konservasi di pantai ini yang diharapkan dapat mencegah kepunahan hewan laut yang satu ini. Untuk harga tiket masuk ke Pantai Taman masih terjangkau yakni sekitar Rp 5.000 hingga Rp 10.000 saja per orangnya.

8. Pantai Temperan

Pantai ini terletak di desa Sidoharjo yang hanya dibatasi oleh muara sungai dengan Pantai Teleng Ria. Berbeda dengan pantai yang ada di Pacitan lainnya, pantai yang masih masuk ke dalam jejeran pantai teluk Pacitan ini merupakan sebuah pelabuhan untuk aktivitas jual-beli ikan.

Walaupun Pantai Temperan digunakan sebagai pelabuhan perikanan namun masih banyak wisatawan yang berkunjung ke pantai ini karena terdapat daya tarik tersendiri yakni bangunan suarnya yang berwarna merah. Mercusuar ini menjadi daya tarik wisatawan dan dijadikan spot khusus untuk berfoto. Bahkan tiket masuknya pun cukup murah,yakni kita hanya mengeluarkan uang sebesar 2000 rupiah per orang.

5 1 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments