Swiss dikenal sebagai negara yang memiliki pemandangan alamnya yang indah, seperti Pegunungan Alpen. Namun ternyata, negara ini juga merupakan surga gourmet. Negara ini terkenal dengan makanan berupa keju,

ada banyak makanan khas Swiss yang berasal dari 26 kanton atau distriknya. Hidangan negara ini juga banyak mendapatkan pengaruh dari negara-negara tetangga seperti Jerman, Prancis, dan Italia Utara. Nah, kalau kamu penasaran dengan makanan yang berasal dari Swiss, nikmati bacaan menggugah selera ini

Fondue

Fondue adalah hidangan khas Swiss yang berupa keju leleh yang disajikan di dalam panci. Selama proses pembuatannya, keju dapat dicampur dengan anggur, perasan lemon, dan bawang putih agar rasanya makin lezat. Fondue biasa disantap bersama roti sebagai saus, lho!

Namun harus hati-hati, ada tradisi yang menyebutkan bahwa siapa pun yang menjatuhkan roti ke dalam fondue, mereka harus menghadapi hukuman. Jika ini terjadi restoran, mungkin dia harus membayar tagihan dan kalau terjadi di rumah, bisa jadi orang itu harus mencuci piring.

Bircher Muesli

Bircher Muesli adalah hidangan sehat, dan cocok banget untuk kamu yang lagi diet. Karena Bircher Muesli ini terdiri dari sereal, sayuran, kacang-kacangan, jus lemon, susu kental manis, dan buah-buahan yang melimpah. Bircher Muesli ini sebenarnya diciptakan leh Dr. Maxinillia Bircher-Benner pada tahun 1900. Untuk membuat makanan sehat, dan pola hidup sehat.

Tartiflette

artiflette merupakan salah satu hidangan Alpen yang banyak digemari. Ini adalah sajian berupa kentang parut dari daerah Pegunungan Savoie di Prancis. Tartiflette dibuat dari kentang berukuran sedang, keju Reblochon, anggur putih, babi asin asap (lardons fumés), bawang, dan seringkali ditambah crème fraîche.

Cara memasaknya yaitu dengan dipanggang dalam oven hingga keju berwarna coklat dan meleleh. Tartiflette modern tercipta pada 1980-an sebagai konsep ulang dari péla, yaitu kentang parut, keju, dan hidangan bawang versi lama. Serikat pembuat keju Reblochon adalah mereka yang membuat tartiflette yang bertujuan untuk meningkatkan popularitas keju.

Makanan khas Swiss ini langsung menarik perhatian tak hanya masyarakat umum, tapi juga juru masak profesional. Dengan berjalannya waktu, makanan ini jadi popular di luar perbatasan Prancis, khususnya di Italia dan Swiss. Biasanya tartiflette dihidangkan panas. Idealnya dihidangkan bersama dengan salad hijau serta segelas anggur putih Prancis.

Polenta

Berbahan dasar jagung, polenta adalah makanan khas Swiss yang juga wajib kamu cicipi. Terbuat dari tepung jagung yang dimasak dengan api kecil, hidangan satu ini dapat disajikan dengan berbagai cara, lho!

Kamu dapat menyantap polenta langsung dari mangkuk, didinginkan, dipotong dengan benang tipis, atau dioleskan ke papan kayu. Menyajikannya dengan keju, mentega, saus, dan susu juga dapat kamu coba.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments