Kanguru, Koala, dan Echidna: Keunikan Satwa Australia yang Mempesona

Bagikan

Australia dikenal dengan kekayaan alam dan satwa liarnya yang unik, membuatnya menjadi daya tarik utama bagi para wisatawan yang ingin menjelajahi keindahan satwa liar. Di negara kanguru ini, kamu dapat bertemu dengan banyak satwa liar maupun berinteraksi secara langsung dengan mereka. Berikut merupakan beberapa rekomendasi tempat untuk kamu bertemu dengan satwa Australia yang menggemaskan:

Rottnest Island

Rottnest Island, atau yang sering disebut sebagai “Rotto” oleh penduduk setempat, adalah pulau kecil yang terletak di lepas pantai barat Australia. Satwa Australia yang paling terkenal di pulau ini adalah quokka, satwa endemik yang hanya ditemukan di sana. Quokka ini memiliki sifat ramah dan sering kali bersedia berinteraksi dengan manusia. Selfie dengan quokka bahkan menjadi kegiatan yang sangat populer di pulau ini, namun perlu diingat untuk tidak terlalu dekat dengan quokka mengingat hewan ini berada di alam liar. Waktu terbaik untuk melihat quokka di Rottnest Island adalah sekitar jam 3 hingga 5 sore.

Kangaroo Island

Kangaroo Island adalah rumah bagi berbagai macam satwa Australia, mulai dari kanguru, singa laut, anjing laut, hingga koala. Pulau ini juga dikenal dengan populasi yang besar dari spesies unik, seperti echidnas, yang merupakan salah satu mamalia bertubuh duri dan mampu menggulungkan diri ketika terancam. Selain satwanya yang menarik perhatian, tempat lain di pulau ini juga menawarkan pemandangan pesisir yang menakjubkan, air terjun yang indah, serta cagar alam yang melindungi satwa endemik.

Phillip Island

Phillip Island menjadi tempat yang tepat untuk kamu kunjungi bila kamu ingin melihat penguin imut dan menggemaskan. Di sini, kamu dapat menyaksikan penguin-penguin kecil pulang ke sarangnya di pesisir pantai setiap sore hari. Untuk melihat penguin-penguin ini, kamu diwajibkan membeli tiket yang terdiri dari beberapa kategori. Acara penguin ini diadakan setiap harinya pukul 5 sore hingga selesai dan kamu diharapkan untuk hadir 1 jam sebelum parade dimulai. Selain penguin, di sini juga bisa ditemukan burung-burung laut dan anjing laut Australia yang unik.

Whale Watching at Hervey Bay

Hervey Bay merupakan salah satu lokasi terbaik untuk menonton paus di Australia. Setiap tahun, sekitar 40.000 paus bungkuk akan melewati perairan Hervey Bay saat mereka bermigrasi. Waktu terbaik untuk melihat migrasi paus bungkuk ada di antara Juli dan November. Untuk pengalaman terbaik, kamu dapat menaiki kapal wisata khusus untuk menikmati momen yang luar biasa saat paus melintas.

Taronga Zoo

Tidak hanya di pulau atau tempat alam liar, tetapi keunikan satwa Australia juga terpampang di berbagai taman dan kebun binatang. Taronga Zoo yang terletak di pinggiran Sydney, New South Wales, Australia merupakan salah satu kebun binatang tertua di Australia. Dibangun pada tahun 1916, kebun binatang ini memiliki lebih dari 4.000 hewan, dari mamalia, burung, reptil, invertebrata, maupun kanguru dan koala. Berbeda dengan kebun binatang lainnya  ​​Taronga Zoo juga memiliki program pendidikan yang informatif dan program konservasi hewan yang kuat. Misi utamanya adalah untuk mempertahankan keanekaragaman hayati serta mendidik pengunjung tentang pentingnya melindungi satwa liar.

Paradise Country’s

Paradise Country’s, yang terletak di Oxenford, Gold Coast, menawarkan pengalaman unik dalam kehidupan peternakan Australia. Kamu dapat menikmati keseruan berinteraksi dengan berbagai jenis hewan ternak seperti kuda, domba, dan sapi. Selain itu, kamu juga dapat melihat satwa-satwa Australia yang ikonik termasuk kanguru dan koala. Dengan mengunjungi Paradise Country’s kamu juga mengikuti beberapa kegiatan seperti memberi makan binatang ternak, menyusui anak-anak hewan, dan berpartisipasi dalam berbagai kegiatan peternakan.

Bonorong Wildlife Sanctuary

Bonorong Wildlife Sanctuary di Tasmania adalah rumah bagi berbagai spesies satwa Australia yang hampir punah, seperti tasmanian devil dan quoll. Selain sebagai tempat perlindungan, Bonorong Wildlife Sanctuary ini juga bekerja dalam upaya rehabilitasi dan konservasi hewan liar yang terancam punah. Kamu bisa belajar mengenai hewan-hewan ini dari para penjaga yang peduli akan kesejahteraan mereka, sekaligus mendukung pelestarian satwa-satwa langka.

Caversham Wildlife Park

Caversham Wildlife Park di Perth, Australia Barat, menjadi rumah bagi sejumlah besar satwa liar Australia. Di sini, pengunjung dapat berinteraksi dengan berbagai satwa, seperti kanguru, koala, wombat, dan binatang endemik lainnya. Selain menambah pemahaman kamu mengenai satwa Australia, kamu juga dapat melakukan piknik di beberapa tempat yang sudah ditentukan. Sebelum pulang, jangan ketinggalan untuk mengunjungi toko souvenir yang terdapat di Caversham Wildlife Park sebagai kenang-kenanganmu. 

 

Kekayaan satwa Australia memberikan pengalaman berharga bagi para wisatawan, memberikan pemahaman yang lebih dalam mengenai satwa liar dan upaya pelestariannya. Dari pulau terpencil hingga kebun binatang, Australia menjadi rumah bagi sejumlah spesies unik yang menarik minat dan ingin dikenal oleh banyak orang dari seluruh dunia.

 

Apakah kamu sudah siap untuk menjelajahi Australia? Rencanakan perjalanan kamu, mulai dari tiket, hotel hingga tur Australia hanya bersama Dwidayatour!

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments