Siapa yang tidak ingin ke Belanda, negara yang dijuluki sebagai “negara seribu kincir” ini? Belanda merupakan salah satu negara di Eropa yang terkenal dengan keindahan alamnya. Meskipun sebagian besar wilayah di Negara Belanda berada di bawah permukaan laut dan hanya beberapa wilayah saja yang memiliki ketinggian satu meter di atas permukaan air laut, tetapi pengelolaan wilayah yang baik, justru menjadikan banyak munculnya tempat wisata di Belanda. Sebutan bagi Negara Belanda sangatlah banyak, seperti negeri seribu kincir, negeri bunga tulip, kota seribu kanal, dan lain-lain.

Hal tersebut tentu bukan tanpa alasan, Belanda dijuluki dengan berbagai macam julukan karena pada kenyataannya, Belanda memang indah adanya. Letak negara yang berada Benua Eropa, menjadikan Belanda memiliki empat musim dalam satu tahun. Hal ini semakin memperkuat daya tarik wisatawan untuk mengunjungi berbagai tempat di Negara Belanda. Saat berkunjung ke Belanda, perlu memperhatikan musim dan destinasi wisata yang akan dituju. Sebab beberapa tempat tidak dapat dinikmati atau dikunjungi pada saat musim-musim tertentu. Misalnya saat musim salju, pengunjung tidak dapat menaiki kapal untuk mengelilingi kanal-kanal di Belanda, atau juga ketika musim gugur, taman bunga di Belanda mungkin saja akan mengubah aturan jam kunjung atau lainnya.

Udara di Belanda terkenal dengan kebersihannya, sebagian besar masyarakat juga lebih memilih menggunakan sepeda sebagai alat transportasi darat apabila tempat yang dituju cukup jauh, selain itu, Belanda memiliki kanal-kanal yang dapat dimanfaatkan untuk transportasi umum seperti kapal kecil lewat, dan yang tidak kalah menarik adalah kecantikan bunga tulip beraneka warna, menjadi daya pikat tersendiri bagi wisatawan untuk berkunjung ke tempat wisata yang terkenal di Belanda. Bicara mengenai Belanda, tidak lepas dari ibukota negaranya yang tidak kalah mempesona, yaitu Amsterdam. Ibukota negara yang identik dengan pusat pemerintahan, kesibukan, dan kegiatan administratif lainnya, tidak nampak pada kota terbesar di Belanda ini yaitu Amsterdam.

Untuk lebih tahu mengetahui tempat-tempat yang wajib dikunjungi di Belanda, berikut ulasan 10 destinasi wisata di Belanda dan keindahannya:

1. Kanal Amsterdam

Kanal Amsterdam
Photo by Leif Niemczik on Unsplash

Bila anda berkunjung ke Belanda, tidak lengkap rasanya jika tidak mengunjungi tempat wisata di Amsterdam yang sangat terkenal dan hemat di kantong. Bagaimana tidak hemat? Untuk menemukannya, tidak perlu biaya masuk, yaitu kanal yang membentang di sepanjang Kota Amsterdam. Kecuali jika anda ingin menyusuri kanal menggunakan kapal, tentu perlu mengeluarkan biaya sewa.

Tetapi biaya yang dikeluarkan tentu sebanding dengan pemandangan dan suasana yang disuguhkan saat menaiki kapal melalui kanal-kanal di Amsterdam.. Kanal-kanal di Amsterdam sangat bersih dan tenang. Sorot lampu yang menyala di malam hari menambah keindahan kanal ini.

2. Bloenmenmarkt (Floating Flower Market Amsterdam)

Bloenmenmarkt (Floating Flower Market Amsterdam)
Photo by Clayton Fidelis on Unsplash

Bloenmenmarkt adalah tempat wisata di Amsterdam selanjutnya. Istilah yang cocok dan sering kita dengar adalah “pasar apung”. Bagi pengunjung yang memiliki hobi menanam bunga, Bloenmenmarkt menjadi paket lengkap dalam menikmati keindahan kanal, melihat berbagai jenis bunga yang dapat dinikmati keindahannya dan tersedianya oleh-oleh khas Amsterdam yang menjadi satu.

Pengunjung tidak hanya dapat melihat keindahan aneka macam bunga saja, tetapi juga dapat membeli berbagai macam jenis benih bunga untuk ditanam saat kembali ke negara asal nantinya. Namun perlu diperhatikan, tidak semua jenis bunga dapat tumbuh di semua negara yang memiliki suhu dan cuaca berbeda-beda. Jadi, alangkah baiknya, sebelum membeli bunga, tanyakan dulu kepada penjual, bunga apa yang diinginkan dan bagaimana pertumbuhannya jika dibawa ke negara asal. Bloenmenmarkt ini juga disebut sebagai satu-satunya pasar bunga apung di dunia. Keunikannya layak masuk dalam daftar destinasi wisata anda ketika berkunjung ke Belanda.

3. Rijksmuseum Amsterdam

Rijksmuseum Amsterdam
Photo by Luca Lago on Unsplash

Tempat wisata di Amsterdam selanjutnya adalah bangunan Rijksmuseum. Meskipun usianya telah mencapai satu abad lebih, namun museum ini tetap berdiri kokoh, megah, dan indah. Meskipun sangat besar, disebutkan, museum ini tidak mampu menampung semua karya seni dan sejarah Belanda di dalamnya.

Museum Rijksmuseum di Amsterdam, menyimpan ribuan karya seni dan sejarah Belanda. Lokasinya yang berada di pusat kota, juga memudahkan pengunjung museum mencari oleh-oleh khas Amsterdam disekitarnya. Banyak toko-toko souvenir di sekitar museum yang menjual pernak-pernik unik dan cantik untuk menjadi buah tangan maupun kenang-kenangan sebagai bukti jika pernah berkunjung ke salah satu museum terkenal di Amsterdam, Belanda yaitu Rijksmuseum.

4. Dam Square

Dam Square Amsterdam
Photo by Liam McGarry on Unsplash

Jika pergi ke Belanda, Dam Square nampaknya layak menjadi salah satu destinasi yang wajib dikunjungi. Bagaikan alun-alun Belanda, Dam Square menyediakan banyak pilihan kuliner khas Belanda dengan harga terjangkau, berbagai jenis cafe yang tentunya sangat nyaman untuk duduk dan bercengkrama, menyaksikan pertunjukan seni di hari dan waktu tertentu, hingga berinteraksi langsung dengan kawanan merpati di sekitar kawasan tersebut sambil bersantai menikmati sore hari di Amsterdam, Belanda.

Kawasan ini selalu ramai dikunjungi oleh warga maupun pelancong, sebab selain berada di pusat kota, Dam Square juga menyuguhkan bangunan-bangunan klasik dan megah yang mengelilinginya. Di tempat ini juga, sering digunakan sebagai lokasi syuting film-film terkenal di dunia.

5. Royal Palace Amsterdam

Photo By: https://www.wallpaperflare.com/

Istana kerajaan yang terkenal di Belanda dengan arsitektur Eropa klasik dan berada tidak jauh dari Dam Square adalah Royal Palace. Bangunan yang telah berdiri sejak abad ke-17 masehi ini tidak lagi digunakan dan dulunya dapat dikatakan sebagai gedung pertemuan yang berada di pusat kota (city hall).

Kini Royal Palace dapat menjadi tujuan wisata selanjutnya apabila pengunjung masih di kawasan Amsterdam, Belanda. Banyak wisatawan yang tertarik untuk mengabadikan momen mereka di depan Royal Palace yang sangat megah oleh kubah-kubahnya ini. Kebetulan atau tidak, sebagai ciri khas Negara Belanda, pada bagian atas bangunan inipun juga terdapat baling-baling mirip seperti bentuk kincir angin.

6. Taman Bunga Keukenhof

Taman Bunga Keukenhof
Photo by Taylor Rooney on Unsplash

Taman bunga di Belanda yang sangat terkenal akan keindahannya adalah Keukenhof. Berbagai macam warna bunga tulip dan beberapa jenis bunga lain, seperti mawar, anggrek, dan sakura tumbuh subur di taman yang luasnya mencapai 32 hektar ini. Tempat wisata di Belanda yang satu ini wajib dikunjungi karena menawarkan keindahan alam dan kecantikan berbagai macam bunga, khususnya bunga tulip yang menjadi ciri khas Negara Belanda.

Bagi anda yang lelah menyusuri taman bunga ini tidak perlu khawatir, karena di sekitar kawasan ini terdapat restoran dan pavilion dengan kisaran harga yang berbeda-beda. Sehingga anda dapat kembali mengelilingi taman ini setelah beristirahat atau keesokan harinya apabila menginap.

7. Kincir angin Kinderdijk

Kincir angin Kinderdijk
Photo by Peter Hall on Unsplash

Kinderdijk merupakan salah satu desa yang terletak di Provinsi Belanda Selatan yang terkenal dengan kincir angin tradisionalnya. Awalnya kincir angin ini digunakan untuk mencegah banjir di kawasan desa tersebut. Sebab lagi-lagi wilayah Belanda yang datar dapat mengakibatkan bahaya banjir maupun pasang air laut sewaktu-waktu dapat datang. Maka untuk mencegah hal tersebut, dibuatlah kincir angin dengan jumlah yang banyak. Namun jumlahnya yang sangat banyak dan berukuran besar justru menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan dan lama-kelamaan Desa Kinderdijk ini dijuluki sebagai “Desa 1000 Kincir”.

8. Frisian Island

Frisian Island
Photo by Amanda Phung on Unsplash

Frisian Island menawarkan objek wisata dengan keindahan pulau yang membentang dan pantai yang mengelilinginya. Wilayah Belanda yang ketinggiannya tidak jauh berbeda dari permukaan air laut, membuat Belanda dikelilingi oleh banyak pantai. Disana pengunjung dapat melakukan aktivitas layaknya sedang berlibur di pantai, seperti bermain voli pantai, berjemur, berenang, membuat istana pasir, dan masih banyak lagi. Frisian island memang bukan satu-satunya pulau yang dikelilingi pantai di Negara Belanda, namun pulau ini disebut sebagai pulau terbesar dengan keindahan alamnya.

9. Taman Nasional Hoge Veluwe

Taman Nasional Hoge Veluwe
Photo by Sander Weeteling on Unsplash

Taman nasional yang terkenal di Belanda dan wajib dikunjungi khususnya saat musim panas adalah Hoge Veluwe. Bagi pengunjung yang menginginkan suasana sepi, lebih dekat dengan alam, senang berinteraksi dengan hewan dan tumbuhan secara langsung, taman nasional ini cocok menjadi destinasi wisata selanjutnya. Sebab wilayahnya yang sangat luas yaitu mencapai 55 kmterdiri atas padang rumput, padang pasir, hingga hutan yang memiliki beraneka macam tumbuhan di dalamnya.

Taman Nasional Hoge Veluwe Belanda kini menjadi salah satu cagar alam terbesar di dunia. Meski nampaknya tempat ini hanya diminati oleh kalangan tertentu, namun keindahan alam yang ditawarkan, mampu menarik banyak wisatawan rela melawan rasa takutnya untuk dapat langsung menikmati alam bebas di Taman Nasional Hoge Veluwe. Apabila berkunjung ke taman ini, jangan lupa membawa bekal yang cukup untuk dinikmati selama perjalanan, sehingga perjalanan akan terasa nyaman dan menyenangkan.

10. Sentra Keju Edam

Amsterdam
Photo by Jose Llamas on Unsplash

Banyak orang sangat suka dengan olahan makanan yang berbahan dasar keju. Tapi akan menjadi keberuntungan, jika seseorang dapat pergi ke Belanda dan singgah di Kota Edam. Edam merupakan sentra keju yang sangat terkenal dengan hasil keju yang tidak diragukan lagi kelezatannya. Suasana yang disuguhkan Kota Edam melalui bangunan-bangunan klasik, kanal-kanal kecil yang mengelilingi dan toko keju dengan berbagai macam olahan keju mampu memberi kenangan manis tersendiri bagi siapa saja yang mengunjunginya. Beberapa tempat bersejarah Negara Belanda juga berdiri di Kota ini, seperti Edam Museum, Town Hall, dan Weigh House.

Ulasan singkat sepuluh destinasi wisata di Belanda yang menawarkan keindahannya tersebut sangat disayangkan apabila dilewatkan begitu saja saat anda berada di Belanda. Merencanakan untuk berlibur ke Negara Belanda dari sekarang, tidak ada salahnya. Justru melalui perencanaan yang matang, keinginan dan impian akan lebih mudah dicapai untuk ke depannya. Masih banyak tempat-tempat wisata di Belanda yang dapat dikunjungi apabila berlibur dalam waktu yang cukup lama.

Maka, jika ingin pergi ke Belanda, beberapa hal yang harus dipikirkan dan disiapkan dengan matang. Seperti mempertimbangkan biaya, tempat tinggal, tujuan wisata, dan yang paling penting adalah kondisi fisik disana nantinya. Jangan sampai, keindahan tempat-tempat wisata terlewatkan nantinya ketika berkunjung ke Negara Belanda karena kondisi fisik yang tidak dijaga.

Baca Juga : 15 Tempat Belanja Murah di Bangkok

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments